Logo Bloomberg Technoz

Arab Saudi Larang Umrah Lebih dari Satu Kali Selama Ramadan

Redaksi
18 March 2024 15:10

Ilustrasi Umrah. (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Umrah. (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Arab Saudi menerbitkan larangan umrah lebih dari satu kali di Mekkah selama bulan Ramadan. Aturan tersebut dibuat untuk mengurangi kepadatan.

Dikutip dari media Uni Emirat Arab, Gulf News, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi mengatakan tidak mengeluarkan izin untuk melakukan dua kali atau lebih umrah selama bulan Ramadan. 

Menurut pemerintah, berdasarkan laporan surat kabar lokal Arab Saudi, pembatasan tersebut bertujuan mengurangi kepadatan jemaah, dan memberikan kesempatan bagi orang lain untuk melakukan ibadah umrah. Langkah ini juga dilakukan untuk membantu mengatur kerumunan.

Nusuk, sebuah platform yang dibuat oleh pemerintah Arab Saudi guna memfasilitasi pendaftaran umrah, mengatakan akan memberikan peringatan jika ada yang mencoba mendapatkan izin melakukan umrah untuk kedua kalinya di bulan Ramadan.

Sebuah pesan akan muncul di aplikasi tersebut, yang berbunyi, "Penerbitan izin gagal. Untuk memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk menundaikan ibadah umrah, maka ibadah haji kecil tidak dapat diulangi di bulan Ramadan."