Logo Bloomberg Technoz

Juri di Manhattan menghukum Bankman-Fried pada November atas tujuh dakwaan, termasuk penipuan dan konspirasi. Jaksa penuntut mengatakan bahwa ia mengarahkan transfer uang nasabah FTX ke Alameda Research, sebuah dana lindung nilai yang terafiliasi, untuk investasi berisiko, donasi politik, dan real estat yang mahal sebelum kedua perusahaan tersebut bangkrut pada tahun 2022. Sebelumnya, FTX bernilai US$32 miliar.

Selama persidangan, beberapa kolega dan teman dekatnya di FTX dan Alameda bersaksi memberatkannya, beberapa di antaranya berharap mendapatkan hukuman ringan atas kejahatan yang mereka akui.

Mark Botnick, juru bicara Bankman-Fried mengatakan bahwa para pengacaranya akan mengajukan tanggapan terhadap memo pemerintah minggu depan.

'Megalomania yang merusak'

Jaksa penuntut mengatakan pada Jumat bahwa dia menunjukkan "keserakahan dan keangkuhan yang tak tertandingi" dan melanggar hukum berdasarkan "megalomania yang merusak yang dipandu oleh nilai-nilai dan rasa superioritas terdakwa."

"Bahkan sampai sekarang Bankman-Fried menolak untuk mengakui bahwa apa yang dilakukannya salah," kata jaksa.

Dalam hal hukuman, mungkin tidak membantu bahwa Bankman-Fried memiliki hubungan yang terkadang kontroversial dengan hakim.

Setelah Bankman-Fried didakwa pada Desember 2022, Kaplan mengizinkannya untuk tetap menjadi tahanan rumah di rumah orang tuanya di Palo Alto, California, sambil menunggu persidangan. Namun, beberapa bulan kemudian, dia diketahui menggunakan aplikasi perpesanan terenkripsi dan program VPN, yang bertentangan dengan syarat pembebasannya.

Buku Harian Ellison

Hakim memerintahkannya untuk dipenjara pada Agustus setelah mantan mogul kripto ini membocorkan kepada New York Times bagian dari buku harian yang ditulis oleh Caroline Ellison, mantan kepala eksekutif Alameda Research dan mantan pacar Bankman-Fried. Ellison telah mengaku bersalah atas kejahatan terkait dan bekerja sama dengan jaksa. Dia kemudian memberikan kesaksian yang memberatkan Bankman-Fried di persidangan.

Pada saat itu Kaplan menyebutnya sebagai "seseorang yang telah menunjukkan kesediaan dan keinginan untuk mengambil risiko melewati batas dalam upaya untuk menyelesaikannya di mana pun batasnya."

Menjelang akhir persidangan yang berlangsung selama sebulan, Bankman-Fried menjadi saksi untuk membela dirinya sendiri, dan sering kali terlihat tidak jelas dan mengelak. Hakim sering menyela untuk memperingatkannya agar menjawab pertanyaan yang diajukan. Para juri membutuhkan waktu kurang dari lima jam untuk menolak klaimnya bahwa ia tidak menyadari adanya kesalahan di FTX.

Bankman-Fried "berbohong berulang kali di bawah sumpah," kata pemerintah dalam pengajuan pengadilan. Jika Kaplan memutuskan bahwa ia memang berbohong di atas mimbar, hal itu dapat berakibat pada hukuman yang lebih berat.

Jaksa penuntut berpendapat bahwa Bankman-Fried memberikan lebih dari US$100 juta dalam bentuk donasi politik ilegal kepada lebih dari 300 politisi dan kelompok-kelompok aksi politik--pelanggaran terbesar yang pernah terjadi terhadap undang-undang keuangan kampanye. Dia menghabiskan tambahan US$150 juta untuk menyuap pejabat Pemerintah China, juga merupakan rekor oleh seorang individu.

Pengajuan pengadilan termasuk grafik yang menunjukkan 13 orang yang dihukum karena penipuan dengan kerugian US$100 juta atau lebih dan menyatakan bahwa sebagian besar mendapat hukuman mulai dari 40 hingga 50 tahun. Bernard Madoff mendapat hukuman tertinggi, 150 tahun, untuk skema Ponzi terbesar dalam sejarah AS. Madoff meninggal di penjara pada tahun 2021.

Penipuan Bankman-Fried seharusnya berada di peringkat kedua, setelah Madoff, yang mengalami kerugian US$13 miliar, menurut pemerintah.

Bulan lalu dalam pengajuan pengadilan, pengacara pembela berargumen untuk mendapatkan hukuman yang relatif ringan, menyebut potensi hukuman 100 tahun di bawah pedoman "aneh" dan "biadab". Mereka mengatakan bahwa angka itu didasarkan pada pandangan yang salah bahwa perilaku Bankman-Fried menyebabkan kerugian sebesar US$10 miliar.

Bankman-Fried telah ditahan sejak Agustus di Pusat Penahanan Metropolitan di Brooklyn. Para hakim, advokat, dan mantan narapidana telah mengkritik keras kondisi di MDC, yang menahan orang-orang yang didakwa melakukan kejahatan dan menunggu persidangan.

Pengacara Bankman-Fried mengeluh bahwa dia tidak mendapatkan akses untuk mendapatkan pengobatan untuk depresi dan ADHD-nya. Dan penjara menawarkan pilihan makanan yang sangat terbatas untuk klien vegan mereka. Bankman-Fried terlihat kehilangan berat badannya dalam jumlah yang signifikan selama dipenjara.

(bbn)

No more pages