Logo Bloomberg Technoz

“Melalui kerja sama ini, PLN bakal menambah daya pasokan dari 100 MVA ke 300 MVA untuk PT KFI,” ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Agung Murdifi menambahkan segmen pelanggan industri wilayah Kalimantan Timur terus mengalami pertumbuhan setiap tahunnya.

Untuk itu, PLN terus berupaya meningkatkan sistem kelistrikan yang andal untuk merespons tren pertumbuhan yang ada.

"Para Pelanggan cukup fokus terhadap pengembangan usahanya, biar PLN yang urus listriknya. Selain PT KFI, juga ada pertumbuhan konsumsi listrik untuk kebutuhan IKN Nusantara," jelasnya.

Adapun, daya mampu pasok sistem Kalimantan Timur saat ini adalah sebesar 768 MW dengan beban puncak 660 MW.

Tambahan daya listrik untuk PT KFI diharapkan dapat terus mengerek pertumbuhan perekonomian Bumi Etam khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara.

Sekadar catatan, proyek  penghiliran nikel PT KFI ditargetkan dapat menyerap setidaknya 10.000—13.000 tenaga kerja lokal ke depannya.

Owner Representative PT Kalimantan Ferro Industry Muhammad Ardhi Soemargo mengatakan perusahaan sebelumnya telah menyepakati rencana penambahan daya secara bertahap hingga 800 MVA dari PLN.

"PJBTL yang kita tandatangani dalam rangka mempercepat apa yang sudah kami komitmenkan. Kami merasa ini menjadi hal yang sangat baik, karena PLN itu sangat tepat waktu dalam memberikan kami listrik itu adalah hal yang paling utama," ujar Ardhi.

(wdh)

No more pages