Logo Bloomberg Technoz

Obligasi negara berkembang Asia memberikan imbal hasil 0,5% sepanjang kuartal ini dibandingkan dengan lebih dari 5% pada tiga bulan terakhir tahun 2023, menurut indeks Bloomberg. Imbal hasil yang lebih rendah dapat dijelaskan oleh latar belakang inflasi yang kurang menguntungkan di dalam negeri dan di AS.

Pada Januari, sembilan negara berkembang Asia--termasuk Singapura dan Malaysia--mengalami inflasi utama yang meleset dari perkiraan rata-rata minus 0,24%, yang merupakan penurunan estimasi terbesar sejak April 2020. Inflasi Februari dari Malaysia dan Singapura akan dirilis pada akhir Maret.

Keraguan Pemangkasan Suku Bunga The Fed

Tren harga yang terlihat di negara berkembang Asia mirip dengan yang terjadi di AS, di mana penurunan inflasi tidak linier dan telah menyebabkan perubahan liar pada Treasury.

Obligasi AS turun setelah inflasi AS melampaui perkiraan untuk bulan kedua di Februari, memperkuat pendekatan Federal Reserve yang berhati-hati dalam menurunkan suku bunga.

Sementara tanda-tanda yang lebih konkret dari pivot dari The Fed pada pertemuan minggu depan akan memberikan penarik yang kuat untuk obligasi negara berkembang di Asia, rebound yang terus-menerus dalam tekanan inflasi lokal akan menjadi hambatan.

Bangko Sentral ng Pilipinas bulan ini mengisyaratkan risiko kenaikan harga pangan karena dampak El Nino. Pola iklim ini juga telah mendorong inflasi Indonesia ke level tertinggi dalam tiga bulan di Februari, menjelang keputusan Bank Indonesia pada 20 Maret.

Harga beras putih Thailand 5% broken, sebuah patokan di Asia, lebih dari 2 standar deviasi di atas rata-rata lima tahun. Bank of Korea mengatakan bahwa mereka memperkirakan perlambatan inflasi akan "bergelombang dan bukannya mulus."

(bbn)

No more pages