Logo Bloomberg Technoz

Nuklir dan LNG

Meskipun Jepang menghentikan operasi seluruh pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)-nya setelah kehancuran Fukushima pada 11 Maret 2011, fasilitas-fasilitas tersebut kembali beroperasi.

Kapasitas PLTN Negeri Sakura diestimasikan melonjak 20% pada 2023 dibandingkan dengan tahun lalu, lantaran beberapa reaktor terakhir yang menunggu untuk dihidupkan kembali mulai beroperasi, menurut BloombergNEF.

Pada saat yang sama, permintaan terhadap impor gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) diperkirakan  menurun, seiring dengan dimulainya kembali pasokan LNG dan meningkatnya pembangkit listrik berbahan bakar batu bara yang menekan permintaan terhadap bahan bakar superdingin di sektor ketenagalistrikan.

Ramp up pembangkit nuklirJepang./Dok. Bloomberg


Emas

Harga emas spot baru saja memasuki pekan terbaiknya sejak Oktober ketika Hamas menyerang Israel, menetap di US$2,200 per ons setelah naik 4,6% dalam periode lima hari.

Momentum kenaikan ini didukung oleh kuatnya pembelian dari bank sentral global dan spekulasi bahwa Federal Reserve akan menurunkan suku bunganya tahun ini.

Suku bunga yang lebih rendah akan mendukung kenaikan harga lebih lanjut untuk logam mulia yang tidak dikenakan bunga dan mungkin mendorong para analis untuk merevisi perkiraan akhir tahun mereka.

Untuk saat ini, proyeksi median harga emas adalah US$2,100 per ons, di bawah harga spot saat ini. Keputusan suku bunga The Fed berikutnya adalah 20 Maret. Emas berfluktuasi pada perdagangan Senin (11/3/2024).

Pergerakan harga emas./dok. Bloomberg


Mineral Logam

Transisi energi akan menjadi pusat perhatian pada konferensi CERAWeek by S&P Global pekan depan, salah satu acara industri global terbesar. Prospek peningkatan pesat permintaan mineral logam penting di tengah peralihan ke kendaraan listrik menimbulkan pertanyaan besar mengenai ketersediaan dan keandalan pasokan, dan membawa potensi tantangan baru terhadap ketahanan energi.

Sebuah mobil listrik pada umumnya membutuhkan input mineral enam kali lipat dibandingkan dengan mobil konvensional, menurut Badan Energi Internasional atau International Energy Agency (IEA).

Tidak hanya sektor transportasi yang akan memberikan tekanan besar pada sumber daya, sektor pembangkit listrik tenaga angin di daratan juga akan membutuhkan sumber daya mineral sembilan kali lebih banyak dibandingkan dengan pembangkit listrik tenaga gas, kata IEA.

Kebutuhan mineral logam untuk transisi energi./dok. Bloomberg


Minyak

Spread waktu terdekat untuk kontrak berjangka West Texas Intermediate (WTI) dan Brent – yang membantu mengukur ketatnya pasar – mengalami penurunan setelah naik hampir sepanjang tahun di tengah gangguan aliran minyak melalui Laut Merah.

Namun, harga minyak mentah sendiri masih terjebak dalam kisaran perdagangan yang ketat, sebuah indikasi bahwa terdapat keseimbangan yang sehat di pasar fisik.

Investor akan fokus pada laporan pasar minyak bulanan dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak (Selasa) dan Badan Energi Internasional (Kamis) untuk mengetahui informasi terkini mengenai penawaran dan permintaan.

Pergerakan minyak Brent dan WTI./dok. Bloomberg


Pertanian

ADM, salah satu pedagang komoditas pertanian terkemuka di dunia, mengalami penurunan kapitalisasi pasar sekitar 20% sejak Chief Financial Officer Vikram Luthar diberhentikan pada akhir Januari di tengah penyelidikan akuntansi dan pemotongan prospek pendapatannya.

Investigasi dipusatkan pada unit nutrisinya, yang membuat produk bernilai lebih tinggi termasuk perasa dan bahan makanan hewan.

ADM mengatakan awal bulan ini bahwa mereka mengantisipasi “kelemahan material” dalam pengendalian internalnya, yang tidak akan berdampak luas pada pendapatan.

Selain merilis hasil kuartalan sebelum pasar dibuka pada Selasa (12/3/2024), perusahaan diharapkan untuk mengajukan formulir 10-K – ringkasan komprehensif kinerja keuangannya.

Kapitasi pasar ADM./dok. Bloomberg

(bbn)

No more pages