Logo Bloomberg Technoz

Korsel-Jepang Gelar KTT, Kim Jong Un Luncurkan Rudal Balistik

News
17 March 2023 12:17
Kim Jong Un Memamerkan ICBM Baru dan Calon Pewaris Takhta di Parade Militer (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un Memamerkan ICBM Baru dan Calon Pewaris Takhta di Parade Militer (Sumber: Bloomberg)
Jeong-Ho LeeBloomberg News 

Bloomberg, Presiden Korea Utara (Korut) Kim Jong Un kembali meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM) terkuat sejauh ini yang bertepatan dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Jepang dan Korea Selatan (Korsel).

Menurut media pemerintah Korut, hal ini dilakukan Kim untuk "menggentarkan musuh."

Kim bersama putrinya hadir untuk menyaksikan uji peluncuran Hwasong-17 pada Kamis (16/03/2023). Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) menyebutkan pada Jumat (17/03/2023), uji coba rudal itu dipicu oleh "latihan perang skala besar yang intens, provokatif, dan agresif yang dilakukan oleh Amerika Serikat dan boneka pengkhianat Korsel."

Peluncuran rudal yang dianggap oleh para pakar persenjataan sebagai ICBM terbesar di dunia ini dilakukan beberapa jam sebelum Presiden Korsel Yoon Suk Yeol melakukan kunjungan resmi ke Jepang untuk menghadiri KTT dengan Perdana Menteri (PM) Fumio Kishida. Pertemuan kedua negara yang pertama dalam 12 tahun itu bertujuan untuk membahas kerja sama dengan sekutu Amerika Serikat (AS) untuk melawan ancaman nuklir dari rezim Kim Jong Un.

Sebelumnya pada minggu ini, AS dan Korsel menggelar latihan militer gabungan terbesar dalam beberapa tahun. Menanggapi latihan tersebut, adik perempuan pemimpin Korut, Kim Yo Jong mengancam untuk mengubah Samudra Pasifik menjadi target tembak.

Dalam beberapa minggu terakhir, Korut telah meluncurkan 11 rudal balistik, yang salah satunya adalah rudal balistik baru yang dirancang untuk menyerang pangkalan AS di Korea Selatan. Uji coba lainnya juga termasuk dua rudal jelajah strategis yang ditembakkan dari kapal selam.

Program Rudal Kim Jong Un (Sumber: Bloomberg)

Sementara itu, ICBM yang ditembakkan pada Kamis (16/03/2023) mencapai ketinggian sekitar 6.000 kilometer dan menempuh jarak sekitar 1.000 km. Penerbangan yang berlangsung sekitar 70 menit itu mendarat di luar zona ekonomi eksklusif (ZEE) Jepang, menurut Kementerian Pertahanan di Tokyo. KCNA merilis detail serupa dalam laporannya.

Menurut para ahli senjata, Hwasong-17 adalah ICBM terbaru yang telah diuji coba oleh Korut dan dirancang untuk membawa banyak muatan hulu ledak nuklir ke AS. 

Pada Februari lalu, Kim menggelar parade militer besar-besaran. Dia menyusuri jalan-jalan di Pyongyang, membawa pesan bahwa ia dapat mengerahkan ICBM berbahan bakar padat yang kekuatannya lebih besar daripada roket cair yang digunakannya saat ini. Hal itu dengan cepat dimanfaatkan oleh AS dan sekutunya untuk menyiapkan pertahanan mereka.

Putri Kim memulai debutnya di media pemerintah pada peluncuran ICBM bulan November tahun lalu. Sejak itu, dia dijuluki anak yang berharga oleh media pemerintah dan selalu berada di sisi ayahnya dalam berbagai acara. Kehadirannya menandakan bahwa dia merupakan sosok yang sedang dipersiapkan sebagai pemimpin masa depan Korut. 

(bbn)