Logo Bloomberg Technoz

“Saya pikir masih terlalu dini untuk menyimpulkan bahwa deflasi di China telah berakhir,” kata Zhang Zhiwei, presiden dan kepala ekonom di Pinpoint Asset Management.

“Permintaan dalam negeri masih cukup lemah. Perlu waktu agar dorongan fiskal dapat disalurkan ke perekonomian dan membantu pemulihan permintaan domestik.”

Indeks harga konsumen China Februari 2024./dok. Bloomberg


Kenaikan harga – yang merupakan kabar baik bagi para pembuat kebijakan dan investor yang khawatir terhadap tren deflasi di negara ini – dibantu oleh liburan Tahun Baru Imlek yang untuk sementara meningkatkan permintaan. China sangat ingin meningkatkan pertumbuhan harga ketika konsumen dan investor mundur.

Lonjakan perjalanan selama liburan mendorong sebagian besar pertumbuhan harga konsumen, menurut Dong Lijuan, kepala statistik di NBS. Penurunan harga produsen sebagian disebabkan oleh aktivitas industri yang lebih lambat selama periode liburan, kata Dong.

Data tersebut muncul setelah pemimpin negara tersebut menguraikan langkah-langkah dukungan ekonomi tambahan pada awal sesi parlemen tahunan pada hari Selasa.

Beijing mengatakan pihaknya bertujuan untuk memacu pertumbuhan ekonomi sekitar 5% tahun ini – serupa dengan tahun lalu, meskipun kali ini targetnya lebih ambisius.

Di antara stimulus lainnya, pihak berwenang telah merinci rencana untuk menerbitkan obligasi negara khusus ultra-panjang senilai 1 triliun yuan (US$139 miliar) dan memanfaatkan dana tambahan yang belum terpakai mulai akhir tahun lalu. Para pengambil kebijakan menetapkan target tingkat inflasi sebesar 3%.

Para ekonom mempertanyakan kemampuan pemerintah untuk memacu permintaan. Sektor real estate masih merupakan sektor yang rentan dan semakin banyak konsumen yang menghabiskan dananya untuk ditabung dibandingkan dibelanjakan.

Tidak seperti negara-negara lain termasuk Amerika Serikat yang berjuang untuk menahan pertumbuhan harga, China menghadapi periode deflasi setelah dorongan awal pembukaan kembali pascapandemi.

Risikonya adalah melemahnya harga akan mendorong konsumen semakin menimbun uang tunai dan perusahaan membatasi pengeluaran, sehingga semakin membebani pertumbuhan ekonomi.

Harga konsumen pada basis inti, yang tidak mencakup biaya pangan dan energi yang berfluktuasi, naik 1,2% dari tahun sebelumnya, data pemerintah menunjukkan. Angka tersebut merupakan yang tertinggi dalam lebih dari dua tahun dan dibandingkan dengan kenaikan yang hanya sebesar 0,4% di bulan Januari.

(bbn)

No more pages