Logo Bloomberg Technoz

Bursa Asia Bersiap Naik Dipicu Langkah China Bantu Pasar Properti

News
20 May 2024 06:50

Bursa asia (Dok Bloomberg)
Bursa asia (Dok Bloomberg)

Matthew Burgess - Bloomberg News

Bloomberg, Bursa saham Asia diperkirakan akan menguat pada perdagangan awal setelah bursa saham AS mencetak rekor baru di tengah pendapatan perusahaan yang tangguh, dan China mengambil langkah-langkah untuk menopang pasar propertinya.

Kontrak berjangka saham di Australia, Hong Kong, dan China mengarah ke kenaikan awal ketika perdagangan dilanjutkan Senin (20/05/2024), sementara kontrak di Jepang sedikit lebih rendah. Kontrak berjangka saham AS naik tipis setelah Indeks S&P 500 naik pada Jumat (17/05/2024) dan Dow Jones Industrial Average ditutup di atas 40.000 untuk pertama kalinya dalam 128 tahun sejarahnya.

Pelaku pasar pada Senin akan fokus pada China setelah mengumumkan upaya pemerintah untuk menyelamatkan pasar properti negara yang tertekan, bahkan ketika masih ada kekhawatiran bahwa langkah-langkah tersebut mungkin belum cukup. Mereka juga akan mengamati tanda-tanda eskalasi dalam retorika perdagangan dengan Eropa. Reli saham China baru-baru ini telah meluas ke saham Asia, dengan Indeks MSCI Asia Pasifik naik selama enam hari berturut-turut, mengikuti rekor kenaikan terpanjangnya tahun ini.

Meskipun risiko stabilitas keuangan China telah berkurang, "variabel kuncinya adalah apakah fundamental ekonomi juga menjadi lebih menguntungkan karena masih belum jelas bagaimana pemerintah pusat berencana mencapai target pertumbuhan 'sekitar 5%' tersebut," kata Kyle Rodda, analis senior di Capital.com di Melbourne. "Namun dalam jangka pendek, mengingat bagaimana valuasi dan sentimen yang tertekan, ada banyak ruang untuk kenaikan lebih lanjut di indeks China."

Kinerja bursa saham Asia. (Sumber: Bloomberg)