Logo Bloomberg Technoz

Erick Mau Perbanyak Libur, 5 Negara Ini Punya Jam Kerja Terpendek

Redaksi
09 March 2024 16:20

Menteri BUMN Erick Thohir. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Menteri BUMN Erick Thohir. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka kemungkinan bagi pegawai di bawah kepemimpinannya untuk dapat libur tiga hari dalam sepekan. 

Disebut 'Compressed Working Schedule', program tersebut membuat pegawai BUMN dapat mengambil opsi libur tambahan pada Jumat bila pegawai yang bersangkutan telah bekerja lebih dari 40 jam. Program ini dibuat karena menurut Erick, sekitar 70% dari generasi muda Indonesia menghadapi masalah kesehatan mental.

"Karena itu kita mendorong Compress Working Schedule. Kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam, mereka punya alternatif mengambil libur pada hari Jumat," jelas Erick dalam acara BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024, dikutip Sabtu (9/3/2024). 

Sejumlah negara telah sebelumnya menganut jam kerja perminggu yang lebih pendek dan hari libur yang lebih banyak. Berdasarkan data yang dirilis oleh Organisation for Economic and Development (OECD) pada 2023, berikut 5 negara dengan jam kerja terpendek:

1. Belanda: 29,5 Jam