Logo Bloomberg Technoz

Demi Kesehatan Mental, Pegawai BUMN Bisa Libur 3 Hari Seminggu

Pramesti Regita Cindy
09 March 2024 13:30

Menteri BUMN Erick Thohir saat ditemui di Badan Legislatif, Rabu (6/9/2023)./Bloomberg Technoz-Mis Fransiska Dewi
Menteri BUMN Erick Thohir saat ditemui di Badan Legislatif, Rabu (6/9/2023)./Bloomberg Technoz-Mis Fransiska Dewi

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir membuka kemungkinan bagi pegawai di bawah pimpinnya tersebut untuk dapat libur tiga hari dalam seminggu. 

Erick menjelaskan, salah satu aspek yang mendorong ini adalah terkait masalah kesehatan mental, khususnya di kalangan generasi muda. Menurutnya, sekitar 70% dari generasi muda Indonesia menghadapi masalah kesehatan mental. Oleh karena itu, terciptalah program 'Compress Working Schedule'. 

Adapun Compress Working Schedule kata Erick adalah program di mana pegawai BUMN dapat mengambil opsi libur tambahan di hari Jumat jika pegawai yang bersangkutan telah bekerja lebih dari 40 jam. 

"Karena itu kita mendorong Compress Working Schedule. Kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam, mereka punya alternatif mengambil libur pada hari Jumat," jelas Erick dalam acara BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024, dikutip Sabtu (9/3/2024). 

Meski demikian, Erick juga menegaskan bahwa program ini bukan bertujuan untuk membuat pegawai BUMN menjadi malas bekerja.