Logo Bloomberg Technoz

Wall Street Tergelincir usai Rilis Laporan Ketenagakerjaan AS

News
09 March 2024 07:00

Ilustrasi pasar saham AS atau Wall Street. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pasar saham AS atau Wall Street. (Dok: Bloomberg)

Rita Nazareth - Bloomberg News

Bloomberg, Para trader di Wall Street membuat harga saham-saham merosot karena spekulasi bahwa reli ke beberapa rekor tertinggi tahun ini sudah berlebihan.

Tepat ketika investor sedang pusing dengan laporan ketenagakerjaan yang beragam, pelemahan di grup paling berpengaruh di S&P 500 membebani perdagangan. Teknologi berada di bawah tekanan, dengan Nasdaq 100 turun 1,5% dan Nvidia Corp menghentikan kemenangan enam hari berturut-turut. Tesla Inc memperpanjang penurunan minggu ini menjadi 13% dan Broadcom Inc jatuh karena penjualan chip yang lambat.

Peringatan tentang pasar yang overbought muncul setelah kenaikan hampir 35% di S&P 500 sejak awal tahun lalu. Michael Hartnett dari Bank of America Corp - yang mengambil sikap netral pada saham setelah tetap bearish pada 2023 - mengatakan ekuitas menunjukkan "kenaikan abnormal" di "masa abnormal." Itu membuat posisi mereka "terbentang dan diperpanjang" menjelang ekspektasi penurunan suku bunga pada akhirnya.

"Sama sekali tidak ada keraguan dalam pikiran kami bahwa 'buih' yang cukup banyak telah memasuki pasar dalam waktu dekat," kata Matt Maley, kepala strategi pasar di Miller Tabak + Co. "Investor harus menggunakan minggu depan atau lebih untuk mengumpulkan uang tunai dan bersikap sedikit lebih defensif."