Logo Bloomberg Technoz

Tingkat Pengangguran AS Capai Level Tertinggi dalam 2 Tahun

News
08 March 2024 23:29

Ilustrasi bursa kerja bagi pengangguran. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi bursa kerja bagi pengangguran. (Dok: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Tingkat pengangguran di Amerika Serikat (AS) naik ke level tertinggi dalam dua tahun terakhir di bulan Februari, meskipun perekrutan masih terbilang sehat. Ini menandakan pasar tenaga kerja yang mendingin namun tetap tangguh.

Data Biro Statistik Tenaga Kerja yang dirilis pada Jumat (08/03/2024) menunjukkan, nonfarm payroll (jumlah penggajian di luar sektor pertanian) meningkat 275.000 bulan lalu, setelah revisi penurunan gabungan sebesar 167.000 untuk dua bulan sebelumnya. Tingkat pengangguran naik menjadi 3,9% dan pertumbuhan upah melambat.

Laporan tersebut menggambarkan pasar tenaga kerja yang berangsur-angsur menurun, dengan pertumbuhan pekerjaan dan gaji yang lebih moderat. Ini menunjukkan ekonomi akan terus berkembang tanpa risiko percepatan kembali inflasi. Kombinasi seperti itu memberi ruang bagi pembuat kebijakan bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) untuk menurunkan suku bunga tahun ini.

Angka penggajian dan upah diperoleh dari survei terhadap bisnis dan pemberi kerja lain, sementara angka pengangguran berasal dari survei rumah tangga terpisah yang lebih kecil. Survei terakhir menunjukkan peningkatan jumlah pengangguran.

Tingkat pengangguran AS. (Sumber: Bloomberg)