Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya pada hari itu, data menunjukkan ekonomi AS terus menambah lapangan kerja - tanpa mendorong kenaikan upah. Angka tersebut menghidupkan kembali harapan bahwa bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) akan dapat mencapai soft landing. Hal ini memungkinkan pejabat untuk mulai melonggarkan kebijakan tahun ini, tetapi tanpa mengambil risiko melakukannya terlalu cepat.

Grafik S&P 500. (Sumber: Bloomberg)

"Laporan itu tidak serta merta berarti sinyal 'aman' bagi The Fed, tetapi juga tidak tampak ada apa pun di dalamnya yang akan menggagalkan rencana penurunan suku bunga," kata Chris Larkin di E*Trade dari Morgan Stanley.

Imbal hasil Treasury dua tahun turun dua basis poin menjadi 4,48%, dengan para trader hampir sepenuhnya memperhitungkan penurunan suku bunga The Fed seperempat poin pada Juni. Dolar mengalami penurunan terpanjang sejak Oktober. Bitcoin sempat menyentuh US$70.000.

Tingkat pengangguran AS naik ke level tertinggi dua tahun di bulan Februari meskipun perekrutan tetap sehat. Hal ini menunjukkan pasar tenaga kerja yang lebih dingin namun tangguh. Nonfarm payroll (penggajian non-pertanian) naik 275.000 bulan lalu setelah revisi penurunan gabungan sebesar 167.000 ke dua bulan sebelumnya. Tingkat pengangguran naik menjadi 3,9% dan kenaikan upah melambat.

Seema Shah di Principal Asset Management - dan beberapa pengamat pasar lainnya - mengatakan laporan itu "berantakan." Meskipun demikian, Shah melihat angka-angka secara luas agak positif bagi pasar.

"Jika ekonomi dapat terus menambah lapangan kerja, tanpa memicu peningkatan kembali pertumbuhan upah, The Fed akan mencapai soft landing," catatnya.

Dengan kata lain, laporan ini menegaskan bahwa pasar tenaga kerja kuat - tetapi tidak terlalu panas - yang berarti The Fed masih berada di jalur untuk penurunan suku bunga tahun ini, kata Sonu Varghese di Carson Group.

"Tenaga kerja terus berjalan, dan inflasi upah bergulir - The Fed sedang menjalankan mandat ganda," kata Jamie Cox di Harris Financial Group. "Tidak ada yang mengharapkan hasil ini, tapi itu sedang terjadi."

Kontrak swap yang memprediksi keputusan The Fed akan disesuaikan dengan tingkat suku bunga yang lebih rendah. Hal ini menyiratkan para trader memperkirakan hampir 100 basis poin pelonggaran The Fed pada akhir tahun. Bulan lalu, kontrak ini secara singkat dihargai di bawah 75 basis poin pelonggaran tahun ini, turun dari lebih dari 150 basis poin yang terlihat pada awal 2024.

Bagi Gina Bolvin di Bolvin Wealth Management Group, fakta bahwa pengangguran naik adalah dampak terbesar dari angka yang dirilis pada Jumat. Dia termasuk di antara mereka yang bertaruh bahwa peluang penurunan suku bunga pada bulan Juni meningkat karena The Fed akan khawatir jika pengangguran mencapai 4%.

"Jika kita benar-benar melihat tingkat pengangguran mencapai titik terendah dan bergerak lebih tinggi dan pertumbuhan upah melambat, maka itu jelas membuka pintu untuk penurunan suku bunga lebih lebar," kata Charles Hepworth di GAM Investments.

Gubernur The Fed Chicago Austan Goolsbee mengatakan pada Jumat bahwa dia memperkirakan pembuat kebijakan akan menurunkan suku bunga tahun ini karena inflasi semakin dingin.

Gubernur The Fed Jerome Powell, yang bersaksi minggu ini di hadapan anggota parlemen, mengatakan dia percaya pasar tenaga kerja "mencapai keseimbangan yang lebih baik antara penawaran dan permintaan." Dia juga menyarankan bank sentral semakin dekat dengan kepercayaan yang dibutuhkan untuk mulai menurunkan suku bunga.

Ian Lyngen di BMO Capital Markets mengatakan angka upah yang lemah itu penting.

"Terlebih lagi, pembaruan tentang inflasi upah ini mencerminkan pesan Powell bahwa penurunan pertama sudah dekat," catatnya.

Sekitar US$4,4 miliar ditarik dari dana teknologi dalam sepekan hingga 6 Maret, tulis para ahli strategi BofA yang dipimpin oleh Hartnett dalam sebuah catatan, mengutip data EPFR Global.

Cathie Wood mengatakan saham semikonduktor mungkin akan mengalami koreksi pasar karena rantai pasokan untuk teknologi tersebut meningkat.

"Satu-satunya tempat di mana kami dapat melihat adanya koreksi - dan itu hanya sebuah koreksi, kami tidak menyebutnya sebagai akhir dari ini sama sekali - ada di bidang chip," kata kepala ARK Investment Management.

Grafik kinerja Nvidia. (Sumber: Bloomberg)

Nvidia, anak emas dari kegilaan kecerdasan buatan yang telah mendorong pasar bullish, kehilangan daya tarik pada Jumat. Namun, reli panasnya tahun ini telah mengirimnya jauh di atas level di mana ia terakhir memecah belah sahamnya. Beberapa orang melihat raksasa AI ini berada dalam posisi yang tepat untuk melakukannya hal serupa.

Perusahaan terakhir mengumumkan pemecahan saham empat-untuk-satu (four-for-one) pada Mei 2021, ketika diperdagangkan sekitar US$600 per saham. Saham tersebut melampaui US$900 awal pekan ini. Alasan yang diberikan Nvidia untuk pemisahan pada 2021 adalah "untuk membuat kepemilikan saham lebih mudah diakses oleh investor dan karyawan," menurut sebuah pernyataan.

(bbn)

No more pages