Logo Bloomberg Technoz

JP Morgan Perkirakan Fed Sediakan Likuiditas Hingga Rp 30.000 T

News
16 March 2023 11:42

Jerome Powell Ketua The Fed (Samuel Corum/Bloomberg)
Jerome Powell Ketua The Fed (Samuel Corum/Bloomberg)

Masaki Kondo - Bloomberg News 

Bloomberg, Bank investasi besar JP Morgan memperkirakan The Federal Reserves, bank sentral Amerika Serikat (AS) akan menyediakan pinjaman likuiditas sedikitnya sebesar US$ 2 triliun (Rp 30.803 triliun) ke dalam sistem perbankan negeri itu menyusul guncangan yang terjadi buntut kejatuhan beberapa bank. 

JP Morgan menyebut, program pembiayaan baru yang diluncurkan oleh The Fed untuk menolong perbankan yang kesulitan likuiditas seperti Silicon Valley Bank (SVB) melalui Bank Term Funding Program (BTFP) kemungkinan akan membengkak nilainya melampaui US$ 25 miliar yang direncanakan sebelumnya. 

“Pemanfaatan BTFP kemungkinan akan besar,” kata Strategist JP Morgan Nikolaos Panigrtzoglou di London, dalam catatan yang diberikan pada klien, Rabu (15/3/2023). 

Program pinjaman likudiitas Fed akan menyuntik US$ 2 triliun ke sistem perbankan (Bloomberg)

Sementara bank-bank terbesar kemungkinan tidak akan memakai fasilitas itu, pemakaian fasilitas itu diprediksi akan menembus US$ 2 triliun di mana itu setara dengan nilai obligasi yang dipegang oleh bank-bank besar AS di luar lima bank terbesar, jelas JP Morgan. 

Artikel Terkait