Logo Bloomberg Technoz

Impor Minyak China Turun Selama Dua Bulan Terakhir

News
07 March 2024 13:30

Ilustrasi minyak. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi minyak. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg News - Bloomberg News

Bloomberg, Impor minyak China turun dalam dua bulan pertama tahun ini karena jeda musiman karena liburan Tahun Baru Imlek, dan karena perusahaan penyulingan swasta menunda beberapa pembelian.

Impor mencapai 88,3 juta ton di Januari dan Februari, menurut data yang dirilis oleh Administrasi Umum Bea Cukai pada Kamis. Itu sama dengan rata-rata 10,8 juta barel per hari selama periode 60 hari, sekitar 6% lebih rendah dari laju Desember, menurut perhitungan Bloomberg.

Pasar minyak mentah mengikuti tren di China, importir minyak terbesar, di tengah kekhawatiran bahwa pertumbuhan konsumsi akan melambat tahun ini. Produsen energi terbesar di negara ini termasuk di antara mereka yang memprediksi penurunan ekspansi permintaan, tetapi harga masih berhasil mendorong lebih tinggi dibantu oleh pemangkasan suplai OPEC+.

Penyuling independen China, yang dikenal sebagai teko, telah mengalami kebuntuan dengan para pemasok termasuk Iran terkait diskon sejak akhir tahun lalu, yang mungkin juga berkontribusi pada lemahnya impor sepanjang tahun ini.