Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani: Investasi Tak lagi Berbasis Untung Tapi ‘Kedekatan’

Azura Yumna Ramadani Purnama
07 March 2024 14:43

Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)
Menteri keuangan, Sri Mulyani selama pertemuan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral G-20 di Bengaluru, India. (Samyukta Lakshmi/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, ketegangan geopolitik menyebabkan minat investor menanam modal surut. Hal ini menyebabkan investasi tidak lagi berdasarkan profitabilitas, tetapi berdasarkan kedekatan antar-negara.

"Investasi tidak lagi berdasarkan kepada profitabilitas, namun juga terjadi fragmentasi berdasarkan teman atau tidak teman atau yang disebut friendshoring,” ucap Sri Mulyani dalam acara BRI MIcrofinance Outlook, di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (7/3/2024).

Mulanya, ia berbicara mengenai pembangunan dan perekonomian suatu negara tidak terlepas dari kondisi global yang terjadi.

Sri Mulyani menilai ketegangan geopolitik yang terjadi memberikan dampak terhadap dua komponen tersebut. Selain itu, menurut dia, fragmentasi ekonomi global juga menyebabkan Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur di beberapa negara maju menjadi kontraktif.

“Ini semua lah yang menyebabkan kenapa Produk Domestik Bruto (PDB) global tahun 2024 masih akan lemah atau belum pulih dibandingkan tahun lalu,” ujarnya.