Logo Bloomberg Technoz

Bendahara Negara mengungkapkan, inflasi global saat ini berada di tingkat yang lebih tinggi meskipun mengalami penurunan dibandingkan masa puncaknya. Adapun, kondisi itu juga menyebabkan tekanan pada suku bunga global yang masih relatif tinggi.

“Ada harapan suku bunga global, ini maksudnya di negara-negara maju akan mulai menurun. namun harapan ini mungkin akan sedikit direm,” tuturnya.

Menurutnya, penurunan suku bunga negara-negara maju masih harus menunggu sampai inflasi diyakinkan turun. Ia menjelaskan, suku bunga tinggi dalam jangka waktu panjang (higher for longer) turut menekan inflasi.

Dalam kesempatan ini, Menkeu turut membagikan pengalamannya saat menghadiri pertemuan para Menkeu dan Gubernur Bank Sentral di G20. Salah satunya, persoalan suku bunga yang tinggi juga menjadi pembahasan dalam forum tersebut.

Selain itu, dibahas pula kinerja lembaga-lembaga non-bank yang menjadi perhatian regulator. Menurutnya, regulator melihat beberapa lembaga tersebut menciptakan suatu risiko baru bagi perekonomian global.

“Itu adalah lingkungan global yang memang tidak ramah dan tidak baik-baik saja,” tuturnya.

(azr/lav)

No more pages