Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Puji Tampilan 'Mama Muda' Kini Lebih Manis

Azura Yumna Ramadani Purnama
07 March 2024 10:42

Sambutan Presiden Jokowi Pada Peresmian Kawasan Ekonomi Khusus Lido, 31 Maret 2023. (Tangakapn Layar Youtube Sekretariat Presiden)
Sambutan Presiden Jokowi Pada Peresmian Kawasan Ekonomi Khusus Lido, 31 Maret 2023. (Tangakapn Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji kehadiran 'Mama Muda' yang kini memiliki tampilan lebih baik dibanding sebelumnya. Bukan mama muda dalam arti sebenarnya, kali ini 'Mama Muda' yang dimaksud adalah merek kerupuk yang diproduksi oleh Usaha Menengah, Kecil, dan Mikro (UMKM) Tanah Air. 

Hal ini disampaikan Kepala Negara dalam Acara BRI Microfinance Outlook 2024 di Jakarta, Kamis (7/3/2024). Dalam acara tersebut, Jokowi memegang kemasan kerupuk rajungan 'Mama Muda', sembari mempromosikan produk UMKM lokal tersebut yang berubah bentuk dari semula hanya dikemas dengan plastik biasa hingga akhirnya dikemas secara modern. 

Menurut Jokowi, UMKM saat ini sudah melakukan banyak perbaikan, baik dalam hal kewajiban pembayaran pembiayaan maupun inovasi kemasan produk. Dengan produk yang lebih baik, UMKM bisa memasarkan produknya di ritel moden.

"Nama kerupuknya juga bagus, 'Mama Muda', bagus sekali. Cara memberi namanya juga bagus, saya senang betul. Bukan saya senang mama muda, tapi saya suka cara memberi namanya, Kerupuk Mama Muda," ujar Jokowi. 

Dalam paparannya, Jokowi menyebutkan bahwa UMKM nasional kini telah berjumlah mencapai 65 juta. UMKM telah berkontribusi sebanyak 61% terhadap produk domestik bruto (PDB) atau pertumbuhan ekonomi nasional. Tak hanya itu, dia juga mengklaim penyerapan tenaga kerja di sektor UMKM telah mencapai 97% terhadap total angkatan kerja.