Logo Bloomberg Technoz

Jokowi: Harga Beras Akan Turun Banyak dalam Sebulan ke Depan

Pramesti Regita Cindy
04 March 2024 14:10

Jokowi sedang berbincang dengan pedagang saat mengunjungi pasar Jatinegara di Jakarta, Indonesia (Dok. Bloomberg)
Jokowi sedang berbincang dengan pedagang saat mengunjungi pasar Jatinegara di Jakarta, Indonesia (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Presiden Joko Widodo memastikan stok dan harga bahan pangan pokok untuk memenuhi permintaan selama Ramadan-Lebaran aman. Bahkan, dia mengatakan harga beras akan mulai turun drastis dalam sebulan ke depan.

“Ini mau Lebaran sehingga persiapan-persiapan mengenai ketersediaan, utamanya bahan pokok, itu menjadi sangat penting. Untuk beras, saya kira stoknya enggak ada masalah dan bahan yang lainnya secara detail saya lihat di lapangan [aman],” ujarnya Senin (4/3/2024).

Dia pun mengeklaim harga beras di pasar-pasar barometer seperti Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) dan Pasar Johor di Karawang sudah mulai turun. Dia pun mengatakan, seiring dengan masa panen raya yang akan segera berlangsung, harga akan makin menurun.

“Kita harapkan karena panen raya ini, di lapangan mulai panen dan panen raya, dalam satu bulan ke depan akan terjadi saya kira harga itu akan turun banyak. Gabah juga saya mendapat informasi di lapangan sudah turun, tetapi turunnya jangan drastis karena petani juga perlu diberikan ruang keuntungan.” 

Suasana di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) Jakarta Timur, Senin(12/2/2024). (Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)

Harga Gabah