Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sebut ASN Akan Mulai Pindah ke IKN Juni 2024

Redaksi
01 March 2024 14:50

Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: YouTube Setpres)
Presiden Jokowi Tinjau Perkembangan Pembangunan Lapangan Upacara di IKN, IKN, 29 Februari 2024 (Sumber: YouTube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan proses pemindahan aparatur sipil negara (ASN) ke kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur akan segera dimulai. Hal ini disampaikan usai melakukan seremoni penyelesaian akhir atau topping off hunian aparatur sipil negara (ASN) dan personel pertahanan keamanan (hankam).

“Pergeseran ASN ke sini dan hankam ke sini itu sudah bisa dimulai bulan Juni [2024],” kata Jokowi dikutip dari Sekretariat Presiden, Jumat (1/3/2024).

Menurut dia, saat ini pemerintah tengah menuntaskan rencana pembangunan 12 tower hunian yang diprediksi rampung pada Juli 2024. Setelah itu, dia mengklaim akan ada 21 tower hunian lainnya yang juga akan selesai pada September dan 14 tower tambahan pada November tahun ini. Sehingga, hingga akhir tahun, akan ada 47 tower hunian yang bisa digunakan para ASN selama tinggal di kawasan IKN.

Berdasarkan data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, sebanyak 31 tower perumahan akan diperuntukkan bagi ASN dan 16 tower hunian untuk pegawai hankam. Seluruh hunian tersebut berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan IKN sub-WP 1A.

Totalnya akan terbangun 2.820 unit perumahan dengan tipe 98 meter persegi di lahan seluas 45,91 hektare. Pembangunan puluhan tower rumah susun itu membutuhkan anggaran sekitar Rp9,4 triliun.

Pembangunan IKN. (Dok: Bloomberg)