Logo Bloomberg Technoz

Program 3 Juta Rumah Prabowo Picu BTN Kaji Ulang Skema KPR

Sultan Ibnu Affan
07 March 2024 08:50

Dok. Bank BTN
Dok. Bank BTN

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN) atau Bank BTN tengah mengkaji rencana program Prabowo Subianto tentang program pembangunan 3 juta rumah jika ia resmi menjabat sebagai presiden nanti.

Sekadar catatan, Bank BTN sendiri merupakan bank pelat merah yang memang fokus untuk penyaluran kredit perumahan rakyat (KPR) kepada masyarakat.

Direktur Utama Bank BTN Nixon L.P Napitupulu mengatakan, belum lama ini pihaknya juga sudah mendiskusikan rencana itu bersama pemerintah, dan mengusulkan perubahan skema pembiayaan.

"Teman-teman sudah baca, aspirasi atau visi-misi Prabowo-Gibran, itu ditulis ada 3 juta rumah, which is triple  [naik tiga kali lipat], naik dari 1 juta rumah. Kami diskusi, kalau begini, dengan anggaran pemerintah yang ada, the only way kami mesti ubah skemanya," ujar Nixon dikutip Kamis (7/3/2024).

Nixon menyarankan, skema pembiayaan untuk merealisasikan program tersebut yakni dari KPR subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bisa diubah dengan dana abadi maupun Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera).