Logo Bloomberg Technoz

Trump Dominasi Super Tuesday, Rematch dengan Biden Kian Dekat

News
06 March 2024 11:50

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Nancy Cook - Bloomberg News

Bloomberg, Mantan Presiden Donald Trump mencatat serangkaian kemenangan dalam pemilu pendahuluan (primary election) untuk calon presiden dari Partai Republik.

Lima belas negara bagian mengadakan pemilu pendahuluan pada Selasa (05/03/2024), atau biasa disebut dengan istilah Super Tuesday. Dengan penghitungan suara yang masih berlangsung, North Carolina, Virginia, Maine, dan Tennessee termasuk di antara negara bagian yang menurut Associated Press akan memilih Trump.

Super Tuesday pada Maret memberikan lebih dari sepertiga delegasi yang dibutuhkan untuk memenangkan pencalonan. Dominasi Trump dalam setiap pemungutan suara atas lawan satu-satunya yang tersisa, Nikki Haley, menyoroti cengkeraman yang semakin kuat yang dia miliki atas Partai Republik. Dia semakin dekat untuk kembali dicalonkan pada pertengahan Maret, mempersiapkan pertandingan ulang melawan Presiden Joe Biden pada November.

Tim kampanye Haley telah berjanji untuk melampaui hasil yang didapat dari Super Tuesday. Namun, perhitungan para delegasi memperjelas bahwa tidak ada jalan baginya untuk dicalonkan maju sebagai wakil dari Partai Republik. Tetap bertahan dalam persaingan pada dasarnya merupakan sebuah kebijakan untuk menghadapi kejadian yang tak terduga, yang dapat membuat Trump tersingkir dari pemilu, atau merupakan bagian dari upayanya memposisikan diri untuk pemilu presiden 2028.