Logo Bloomberg Technoz

Illinois Diskualifikasi Trump dari Pemilihan Awal Partai Republik

News
29 February 2024 10:10

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Sara Forden - Bloomberg News

Bloomberg, Seorang hakim di Illinois pada Rabu (28/2) melarang Donald Trump mengikuti pemilihan pendahuluan (primary election) calon presiden dari Partai Republik. Illinois menjadi negara bagian ketiga yang memberlakukan larangan tersebut terhadap mantan presiden AS itu atas perannya dalam pemberontakan di Gedung Capitol AS pada 6 Januari.

Hakim Wilayah Cook County, Tracie Porter, menunda keputusan tersebut dan memberi waktu kepada Trump hingga Jumat (30/2) untuk mengajukan banding. Porter mendasarkan keputusannya pada ketentuan yang tertulis dalam Amandemen ke-14, atau yang dikenal sebagai klausa pemberontakan. Undang-undang tersebut melarang seseorang kembali menjabat jika mereka telah mengucapkan sumpah untuk mendukung Konstitusi namun kemudian terlibat dalam pemberontakan.

"Ini adalah keputusan yang tidak konstitusional. Kami akan segera mengajukan banding," kata juru bicara Trump, Steven Cheung, dalam sebuah pernyataan.

Upaya untuk menyingkirkan Trump dari pemilu awal di negara-negara bagian AS dipelopori oleh dua kelompok aktivis, yang sebagian besar didanai oleh donor liberal, yaitu Citizens for Responsibility and Ethics in Washington (CREW) dan Free Speech for People.