Logo Bloomberg Technoz

Gaji Karyawan Startup 2024 Turun, Masih Jadi Pilihan Job Seeker?

Redaksi
06 March 2024 06:20

Masa Sulit Startup Masih Berlanjut, Kering Pendanaan (Bloomberg Technoz)
Masa Sulit Startup Masih Berlanjut, Kering Pendanaan (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam laporan  Startup Talent Trends Report 2024 terungkap kisaran gaji karyawan startup di Indonesia mengalami terjadi perubahan penurunan pada beberapa level pekerjaan.

Penyebab penurunan gaji karyawan startup adalah tingginya suplai yang tersedia dibandingkan total permintaan di perusahaan startup. PHK menjadi salah satu pendukung jumlah suplai menjadi lebih banyak.

Dari  laporan yang diterbitkan Monks Hill Ventures dan Glints, dilansir Rabu (6/3/2024), terungkap bahwa 41% perusahaan asal tiga negara, Indonesia, Singapura, dan Vietnam yang disurvei, melakukan PHK sebagai bagian dari strategi menurunkan biaya.

Karyawan startup level pemula atau awal hingga menengah menjadi sasaran penurunan gaji, antara 4%-5%, dalam dokumen yang terbitkan oleh Monks Hill Ventures dan Glints, dilansir Rabu (6/3/2024).

Pada masa kerja maksimal tiga tahun, karyawan startup level junior ini mengalami penurunan gaji sekitar 5% dibandingkan periode sebelumnya. Pun demikian dengan karyawan startup yang telah bekerja tiga hingga lima tahun. Penurunan gajinya di kisaran 4%.