Logo Bloomberg Technoz

Bursa Saham Asia Hadapi Tekanan Seiring Dimulainya Kongres China

News
05 March 2024 10:20

Ilustrasi bursa Asia. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi bursa Asia. (Dok: Bloomberg)

Richard Henderson dan Jason Scott - Bloomberg News

Bloomberg, Pasar ekuitas Asia berada di bawah tekanan pada Selasa dengan para investor berfokus pada China, di mana para pejabat telah menetapkan target pertumbuhan 5% yang ambisius di samping langkah-langkah untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Harga berjangka mengindikasikan penjualan di saham China pada Selasa di tengah meningkatnya kekhawatiran investor atas kemampuan Beijing untuk mengoreksi perlambatan ekonomi. Informasi yang mulai disaring pada Selasa pagi termasuk tingkat pengangguran di perkotaan sebesar 5,5% dan target inflasi 3%.

Indeks Golden Dragon dari saham-saham China yang terdaftar di AS turun 4% di perdagangan New York pada Senin sebagai tanda lemahnya sentimen yang dihadapi pasar saham negara tersebut.

Saham-saham Australia mendatar, sementara saham-saham Jepang dibuka lebih rendah setelah Nikkei 225 menembus 40.000 poin indeks pada Senin karena optimisme di Jepang mendukung pasar saham. Ekuitas berjangka AS turun tipis di awal perdagangan Asia menyusul penurunan kecil untuk S&P 500 pada Senin.

S&P 500 Index (Dok: Bloomberg)