Logo Bloomberg Technoz

Para trader dan analis telah memperkirakan keputusan OPEC+ yang diperkirakan akan diambil, yang dipandang perlu untuk mengimbangi sepinya permintaan musiman dan melonjaknya output dari produsen lain. Pemangkasan terbaru ini akan dilakukan secara bertahap, tergantung pada kondisi pasar, kata Sekretariat OPEC dalam sebuah pernyataan.

“Trader sekarang dihadapkan pada dilema apakah akan terjun ke pasar minyak setelah keputusan OPEC, atau mengadopsi pendekatan wait and see untuk mengukur apakah kenaikan akan bertahan pada awal minggu ini,” kata Fawad Razaqzada, analis pasar di Indeks Kota dan Forex.com.

Harga minyak mentah mengalami kenaikan yang lambat namun stabil tahun ini. Rentang waktu yang semakin lebar menandakan kondisi fisik yang semakin ketat yang dipicu oleh sejumlah gangguan, termasuk serangan terhadap kapal di Laut Merah. 

Namun, tertundanya ekspektasi kapan Federal Reserve akan mulai menurunkan suku bunga, kuatnya produksi dari luar OPEC+, dan prospek permintaan Tiongkok yang lemah telah membatasi kenaikan.

(bbn)

No more pages