Logo Bloomberg Technoz

Rebranding dan Ikhtiar KB Bank Capai Profitabilitas

Sultan Ibnu Affan
04 March 2024 15:19

Presiden Direktur KB Bank, Tom (Woo Yeul) Lee. (Bloomberg Technoz/Donald Banjarnahor)
Presiden Direktur KB Bank, Tom (Woo Yeul) Lee. (Bloomberg Technoz/Donald Banjarnahor)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank KB Bukopin Tbk, anak usaha KB Kookmin Bank asal Korea Selatan, resmi mengubah nama merek dan logo Perusahaan menjadi KB Bank. Perubahan ini sekaligus melengkapi perjalanan transformasi perusahaan sejak tahun 2021.

Presiden Direktur KB Bank, Tom (Woo Yeul) Lee mengatakan perubahan nama tidak akan serta merta mendorong pertumbuhan kinerja keuangan. Namun, perseroan telah memiliki rencana kerja yang matang untuk mencapai target laba operating income pada tahun ini.

"Kami berusaha keras untuk meningkatkan operating income tadi dan menyelesaikan beberapa kredit bermasalah sehingga berujung pada net profit," ujar Tom Lee, dalam peluncuran branding baru KB Bank, Senin (4/3/2024).

Pada 2023, KB Bank belum mencapai level profitabilitas karena masih menyisikan dana untuk Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) dalam rangka penyelesaian kredit bermasalah pada masa lalu. "Tapi nanti apabila kami sudah bisa mencatatkan keuntungan akan lebih banyak lembaga pemerintah akan menjadi nasabah kami," ujar Tom Lee.

Tom Lee, mengatakan perubahan nama untuk menunjukkan kepada masyarakat dan nasabah bahwa KB Bank sudah banyak melakukan transformasi dan siap memberikan pelayanan yang lebih baik. Pada Juli 2024 mendatang, KB Bank akan melakukan perubahan besar dari segi IT dan digital banking.