Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Jepang Lampaui Target, Tanda-tanda BOJ Naikkan Suku Bunga

News
27 February 2024 12:10

Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg
Kantor pusat Bank of Japan (BoJ) Sumber: Bloomberg

Yoshiaki Nohara, Toru Fujioka dan Hidenori Yamanaka - Bloomberg News

Bloomberg, Inflasi Jepang melampaui perkiraan pada bulan Januari. Hal ini mendukung argumen agar bank sentral menghapus kebijakan suku bunga negatif dalam beberapa bulan mendatang.

Imbal hasil obligasi melonjak setelah indeks harga konsumen (IHK), tidak termasuk makanan segar, naik 2% dari tahun lalu. Hal ini sejalan dengan target inflasi bank sentral Jepang atau Bank of Japan (BOJ). Imbal hasil obligasi dengan tenor dua tahun naik ke level tertinggi sejak 2011, setelah data dari Kementerian Dalam Negeri pada Selasa (27/2) melebihi estimasi konsensus sebesar 1,9%.

"Laporan tersebut menambah spekulasi bahwa BOJ akan mengakhiri kebijakan suku bunga negatif paling cepat pada Maret, dan bertindak sebagai katalis penjualan obligasi," kata Kazuya Fujiwara, ahli strategi pendapatan tetap di Mitsubishi UFJ Morgan Stanley Securities Co di Tokyo. Dia menambahkan, laporan IHK Januari menggarisbawahi tekanan inflasi yang terus berlanjut.

Data inflasi yang lebih tinggi dari perkiraan tersebut akan mempertahankan spekulasi pasar bahwa BOJ mendekati kenaikan suku bunga pertama sejak 2007. Langkah tersebut diperkirakan oleh mayoritas pengamat bank sentral akan terjadi pada April. Saham bank Jepang memperpanjang kenaikan karena ekspektasi profitabilitas yang lebih besar.

Grafik inflasi Jepang. (Sumber: Bloomberg)