Logo Bloomberg Technoz

The Fed Siap Pangkas Suku Bunga, Tapi Tunggu Bukti Inflasi Turun

News
01 March 2024 09:50

Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco Mary Daly. (Dok Bloomberg)
Presiden Federal Reserve Bank of San Francisco Mary Daly. (Dok Bloomberg)

Reade Pickert dan David Westin - Bloomberg News

Bloomberg, Gubernur Bank Federal Reserve San Francisco, Mary Daly, mengatakan pejabat bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) siap menurunkan suku bunga jika diperlukan. Namun dia menekankan, saat ini masih belum ada kebutuhan mendesak untuk melakukannya mengingat ekonomi AS yang masih kuat.

"Tidak ada risiko yang akan menyebabkan goyahnya perekonomian," kata Daly pada acara Wall Street Week with David Westin di Bloomberg Television pada Kamis (29/2). Dia merujuk pada data pasar tenaga kerja, belanja konsumen, dan pertumbuhan ekonomi. "Kami siap mengambil langkah dan menyesuaikan kebijakan sesuai arahan data."

Sejumlah pejabat The Fed, termasuk Gubernur Jerome Powell, telah menjelaskan dalam beberapa pekan terakhir bahwa mereka tidak melihat adanya kebutuhan untuk teburu-buru dalam menurunkan suku bunga, mengingat ketahanan dasar ekonomi AS dan pasar tenaga kerja, serta risiko yang tersisa, terhadap prospek inflasi. Pendekatan yang sabar ini telah divalidasi oleh data terbaru yang menunjukkan tekanan harga tetap tinggi.

Indeks harga belanja personal (Personal Consumption Expenditures Price Index/PCE), indikator inflasi inti favorit The Fed naik 0,4% pada bulan Januari. Ini merupakan laju tercepat sejak awal 2023. Angka-angka tersebut mengikuti data harga konsumen yang lebih kuat dari perkiraan yang dirilis awal bulan ini.