Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Tinggi, The Fed Fokus ke Data Sebelum Pangkas Suku Bunga

News
29 February 2024 09:20

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Alexandra Harris, Steve Matthews dan Craig Torres - Bloomberg News

Bloomberg, Tiga pejabat Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) mengatakan laju penurunan suku bunga akan bergantung pada data ekonomi yang masuk. Hal ini menunjukkan bahwa langkah menuju penurunan biaya pinjaman mungkin terlihat berbeda dibandingkan dengan siklus penurunan suku bunga sebelumnya.

Gubernur The Fed Boston, Susan Collins, dan John Williams dari New York, mengatakan bahwa penurunan suku bunga pertama The Fed kemungkinan akan terjadi "pada akhir tahun ini." Sementara Raphael Bostic dari Atlanta mengatakan bahwa saat ini ia memperkirakan penurunan terjadi sekitar musim panas. Namun, para pembuat kebijakan tersebut juga memberikan beberapa pandangan tentang bagaimana The Fed akan menilai waktu penurunan suku bunga di masa depan.

"Sehubungan dengan penurunan suku bunga dan kecepatannya, itu harus didorong oleh kondisi ekonomi, serta inflasi," kata Williams kepada wartawan pada hari Rabu (28/2). Dia menambahkan bahwa di masa lalu, para pejabat telah menerapkan pola rutin. "Ini tidak akan didasarkan pada kalender, dan tidak akan pada jadwal tetap tertentu, tetapi berfokus pada data."

Para pembuat kebijakan telah berulang kali mengatakan bahwa mereka ingin melihat lebih banyak bukti bahwa inflasi benar-benar berada di jalur penurunan sebelum menurunkan suku bunga. Terutama mengingat angka harga konsumen yang lebih tinggi dari perkiraan yang dirilis awal bulan ini. Namun, komentar tersebut menunjukkan bahwa para pejabat juga akan mengandalkan data ekonomi untuk mendorong kecepatan laju pemangkasan tersebut.