Logo Bloomberg Technoz

Asosiasi Logistik Klaim Tidak Ada Upaya Monopoli di Shopee

Mis Fransiska Dewi
01 March 2024 08:22

Ilustrasi aplikasi Shopee. (Nicky Loh/Bloomberg)
Ilustrasi aplikasi Shopee. (Nicky Loh/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Asosiasi Pengusaha Logistik E-commerce (APLE) Sonny Harsono menilai tidak ada upaya monopoli Shopee dalam jasa pengiriman. Hal ini meluruskan pernyataan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) yang menyatakan bahwa jasa antar Shopee Express sebagai pilihan tunggal pada aplikasi Shopee untuk jasa pengiriman.
 
“Di lapangan tidak ditemukan (monopoli di Shopee) karena yang saya tahu Shopee  masih menggunakan kurir lain selain Shopee Express,” kata Sonny saat dihubungi, Rabu (28/2/2024).
 
Menurut Sonny, KPPU bisa mengusut apabila ada temuan indikasi terhadap Shopee Express atau kemewahan lain yang mengakibatkan jasa logistik lain tidak kompetitif.

Atas kondisi tersebut, Sonny meminta KPPU harus segera melakukan rilis penyampaian bukti-bukti dan tidak hanya menduga adanya persaingan tidak sehat dalam jasa pengiriman di aplikasi Shopee.

Dihubungi secara terpisah, CEO Anteraja Handy Widiya mengungkapkan, hingga saat ini AnterAja masih menjadi partner logistik di Shopee. Selain itu, Shopee juga merupakan top customer bagi AnterAja karena memiliki kontribusi yang cukup besar terhadap jasa pengiriman AnterAja.
 
“AnterAja saat ini masih menjadi salah satu partner logistik di platform Shopee.
Kami bersama-sama, Shopee Express dan partner-partner logistik dari Shopee berusaha untuk memberikan layanan terbaik untuk jasa pengiriman. Harapan dari kami semua, termasuk Shopee menurut saya, untuk bersama tumbuh di industri ini dengan sehat dan sesuai dengan regulasi yang ada," ungkapnya.
 
Perusahaan yang bermitra dengan Shopee sejak 2020 itu mengaku hanya ingin sama-sama tumbuh di industri jasa pengiriman dengan sehat sesuai dengan regulasi yang ada.
 
“Sebagai partner logistik dan disesuaikan dengan aturan yang ada di indonesia bisa tumbuh dengan sehat. Bisa sama-sama mengerti pertumbuhan bisnisnya akan berjalan seperti apa,” ujarnya.
 
Senada dengan platform AnterAja, logistik lain yang bermitra dengan Shopee lainnya adalah JNE. Pada platform Shopee, kurir AnterAja, SiCepat dan JNE secara mudah bisa dipilih oleh customer dan tidak ada kewajiban pemilihan kurir Shopee Express.

VP of Marketing JNE Eri Palgunadi mengakui bahwa Shopee merupakan salah satu mitra utama.  

"Kami telah bekerja sama dengan Shopee dari 2016 sampai sekarang, dari pertama kali Shopee masuk ke Indonesia. Shopee merupakan salah satu partner penting dan utama,” ujarnya.