Logo Bloomberg Technoz

Wamendag: Migrasi Sistem TikTok-Tokopedia Libatkan Hal Teknis

Redaksi
29 February 2024 18:16

Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Dok: Kementerian Perdagangan)
Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga. (Dok: Kementerian Perdagangan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyatakan masih menunggu laporan penyelesaian pemisahan sistem dari TikTok Shop, usai perusahaan bersepakat bekerja sama dengan Tokopedia untuk menggarap pasar perdagangan online. Selama peraturan terkait PPMSE dipatuhi TikTok Shop, tentu operasional perusahaan tetap boleh berjalan.

Terkait permintaan Menteri Koperasi UKM, Teten Masduki, untuk menindak TikTok Shop karena diduga masih menjalankan bisnis e-commerce dengan sistem TikTok, Jerry menegaskan, lebih baik menunggu proses transisi sistem kedua perusahan.

“Jadi selama ini mereka [TikTok dan Tokopedia] sedang proses lah, untuk mereka bisa bergabung. Sama saja ketika si A dan si B gabung, belum serta merta ditampung,” kata Jerry di Jakarta, Kamis (29/2/2024).

“Tentu ada penyesuaian-penyesuaian, misalnya dari sisi pembayaran, dari sisi transaksi, dari sisi migrasi platform yang selama ini belum dilakukan. Intinya kami menunggu proses yang dilakukan sesuai dengan prosedur.”

Kemendag tidak dalam posisi menolak selama kedua perusahaan menaati Permendag No. 31 Tahun 2023. Diketahui Kemendag dalam waktu dekat akan menggelar audit terhadap hasil pemisahan sistem transaksi atau pembayaran e-commerce, pasca dibukanya kesempatan TikTok ke Tokopedia untuk melakukan uji coba.