Logo Bloomberg Technoz

Patrick Walujo Sebut GOTO Bisa Dapat Rp80 Juta/Jam dari Tokopedia

Mis Fransiska Dewi
29 February 2024 11:20

CEO GOTO Patrick Walujo. (Dok. GOTO)
CEO GOTO Patrick Walujo. (Dok. GOTO)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Utama PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) Patrick Walujo mengungkapkan, perseroan telah melaporkan penyelesaian transaksi Tokopedia ke TikTok pada 31 Januari lalu. TikTok menginvestasikan lebih dari US$1,5 miliar atau sekitar Rp24 triliun, sebagai komitmen jangka panjang untuk mendukung operasional bisnis Tokopedia.

"Kepemilikan saham GoTo di Tokopedia tidak terdilusi lebih lanjut dan GoTo juga akan menerima pendapatan berkelanjutan yang besar dan bertumbuh, seiring dengan pertumbuhan nilai transaksi barang (GMV) Tokopedia di masa yang akan datang," kata Patrick dalam paparan publik dikutip Kamis (29/2/2024).

Dalam paparannya GOTO menyampaikan estimasi nilai layanan jasa e-commerce service fee dari Tokopedia mencapai Rp177 miliar per kuartal. Perhitungan jika berdasarkan GMV inti gabungan Tokopedia dan TikTok Shop pada kuartal III-2023.

Ilustrasinya, jika dalam satu kuartal GOTO akan mendapat sejumlah fee tersebut, dalam satu tahun bisa mendapatkan Rp708 miliar atau Rp59 miliar dalam satu bulan, Rp15 miliar per minggu, dan setara dengan sekitar Rp80 juta per jam. Angka ini bisa saja bertumbuh seiring dengan pertumbuhan sektor e-commerce.

Fee tersebut akan dihitung berdasarkan nilai GMV inti pasca-kombinasi TikTok Shop-Tokopedia. Per kuartal III-2023, GMV inti entitas pasca-kombinasi mencapai US$2,9 miliar atau setara Rp 45 triliun.