Logo Bloomberg Technoz

Respons Jokowi Soal Susun Kabinet Pemerintahan Prabowo-Gibran

Pramesti Regita Cindy
28 February 2024 11:50

Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto resmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman. (Instagram @prabowo)
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto resmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Besar Soedirman. (Instagram @prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menjawab tegas tentang isu keterlibatannya dalam penyusunan menteri dan kepala lembaga negara atau kabinet pada pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Jokowi dikabarkan tak hanya terlibat dalam upaya pemenangan pasangan calon nomor urut 02 tersebut. Dia pun mengklaim menjadi jembatan politik bagi partai-partai untuk bergabung pada koalisi pemerintahan Prabowo-Subianto.

"Ditanyakan kepada Pak Prabowo," kata Jokowi di Markas Besar TNI Cilangkap, Rabu (28/2/2024).

Sebelumnya, Jokowi sempat menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. Pertemuan tersebut kemudian menghembuskan kabar retaknya koalisi perubahan yang mengusung paslon nomor urut 01, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Jokowi dalam sejumlah kesempatan kemudian memberikan sinyal untuk bertemu dengan sejumlah petinggi partai politik lainnya, terutama pengusung paslon 01 dan 03. Beberapa di antaranya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.