Logo Bloomberg Technoz

Divestasi INCO: Porsi Saham MIND ID 34%, Vale Canada Masih 33,9%

Wike Dita Herlinda
26 February 2024 17:43

Bendera Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle
Bendera Vale di NYSE./Bloomberg-Michael Nagle

Bloomberg Technoz, Jakarta - Vale Base Metals (VBM), induk Vale Canada Ltd (VCL), angkat bicara ihwal tuntasnya transaksi divestasi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) kepada holding BUMN pertambangan, PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID), hari ini.

“Setelah transaksi selesai, MIND ID akan memegang sekitar 34% saham yang diterbitkan PT Vale Indonesia, menjadikannya pemegang saham terbesar di perseroan. [Sementara itu,] VCL dan SMM [Sumitomo Metal Mining Co Ltd] masing-masing akan memiliki 33,9% dan 11,5%. Sekitar 20,6 persennya masih akan dipegang publik di Bursa Efek Indonesia,” papar VBM dalam pernyataan resmi perusahaan, Senin (26/2/2024).

“Perjanjian ini menandakan komitmen yang dibuat oleh Vale Base Metals kepada PT Vale, masyarakat Indonesia, dan para pemangku kepentingan kami untuk membuka nilai dari aset-aset kami. Fokus kami kini beralih pada mewujudkan potensi pertumbuhan PT Vale di masa depan dan investasi di seluruh Sulawesi,” kata Chairman VBM Mark Cutifani.  

“Bersama dengan hubungan internasional kami yang kuat dengan mitra industri terkemuka, pembuat mobil, dan OEM; Vale Base Metals memiliki posisi unik untuk memenuhi permintaan mineral penting yang terus meningkat untuk transisi energi global."

Penandatanganan divestasi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk ke MIND ID, Senin (26/2/2024) (Sultan Ibnu Affan/Bloomberg Technoz)

Sementara itu, Chief Executive Officer VBM Deshnee Naidoo mengatakan perusahaan berharap dapat bekerja sama dengan mitra di bawah struktur kepemilikan saham baru yang seimbang.