Logo Bloomberg Technoz

Divestasi Kelar, MIND ID Pastikan Block Voting di Vale 'Hilang'

Sultan Ibnu Affan
26 February 2024 19:30

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)
Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) memastikan bahwa perseroan bakal memiliki kendali penuh usai rampung mengakuisisi 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) hari ini.

Direktur Utama MIND ID Hendri Prio Santoso mengatakan kesepakatan tersebut juga telah menghapus kesepakatan sebelumnya antara Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co Ltd (SMM) mengenai block voting.

"[Termasuk] block voting, [kesepakatan] ini sudah hilang. Sudah kita batalkan," ujar Hendri saat ditemui usai seremoni penandatanganan divestasi saham Vale di Jakarta, Senin (26/2/2024).

Adapun perjanjian block voting tersebut sebelumnya melekat antara VCL dan SMM. Dalam perjanjian itu, SMM diwajibkan untuk mengikuti setiap keputusan yang diambil oleh VCL.

Vale Indonesia. (Dok. Vale Indonesia)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengonfirmasi harga 14% saham PT Vale Indonesia Tbk (INCO) yang dilepas ke PT Mineral Industri Indonesia (MIND ID) adalah Rp3.050/lembar saham.