Logo Bloomberg Technoz

Update Harga BBM di Seluruh SPBU RI, Bakal Naik 1 Maret 2024?

Sultan Ibnu Affan
26 February 2024 09:10

Truk mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian
Truk mengisi bahan bakar di SPBU Pertamina./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pada awal Februari lalu seluruh operator stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di seluruh Indonesia resmi mengumumkan harga terbaru bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi.

Perubahan itu seiring dengan adanya Keputusan Menteri ESDM No.245.K/MG.01/MEM.M/2022 Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis BBM Umum Jenis BBM dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui SPBU dan Atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan.

Dari pengumuman itu, operator SPBU Shell Indonesia, BP-AKR, dan Vivo kompak menaikkan harga seluruh jenis BBM-nya. Kenaikan tersebut berada pada rentang harga Rp80/liter hingga Rp210/liter. Hanya PT Pertamina (Persero), satu-satunya operator SPBU yang tak mengubah harganya.

Dalam kaitan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penyebab Pertamina bisa menahan harga BBM-nya adalah karena ruang fiskal Indonesia terbilang masih cukup luas.

Sementara itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa Pertamina bisa menahan harga BBM nonsubsidi pada Februari lantaran perseroan berhasil melakukan efisiensi dalam proses bisnisnya, sehingga sanggup memproduksi bahan bakar dengan harga kompetitif.