Logo Bloomberg Technoz

HSBC Mulai Gali Detail Apa Saja yang Mereka Beli dari SVB

News
15 March 2023 18:20

SVB (Dok Bloomberg)
SVB (Dok Bloomberg)

Katherine Griffiths - Bloomberg News

Bloomberg, Saat mengakuisisi bank hanya dalam waktu satu pekan, detail tertentu mungkin saja meleset. Hal itu terjadi dalam kasus HSBC Holdings Plc, yang mengambil unit Silicon Valley Bank (SVB) di Inggris.

Setelah menyelesaikan kesepakatan untuk mengambil alih SVB pada Senin (13/03/2023) hanya dengan 1 poundsterling (Rp 16.000), HSBC memulai pekerjaan mendetail untuk melihat-lihat pembukuan SVB Inggris hari itu juga, menurut seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Ketergesa-gesaan membuat manajemen HSBC bahkan tidak berbicara dengan eksekutif senior SVB Inggris sebelum kesepakatan ditandatangani, kata sumber tersebut.

Sejauh ini hanya ada sedikit sinyal penyesalan dari pembeli. Keputusan untuk melakukan kesepakatan didasarkan pada beberapa faktor: keinginan untuk melakukan hal yang benar bagi perekonomian Inggris, kesempatan untuk mengasosiasikan bank tradisional dengan sektor yang tumbuh cepat, dan cara untuk meningkatkan bank ring-fence mereka yang berbasis di Inggris, kata beberapa sumber.