Logo Bloomberg Technoz

"Tidak ada peningkatan sanksi energi. Pembicaraan gencatan senjata selama akhir pekan menyebabkan beberapa orang menarik dolar dari minyak mentah," kata Rebecca Babin, pedagang senior energi di CIBC Private Wealth.

Harga minyak terjebak di tengah sentimen penurunan produksi OPEC+ dan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Ditambah lagi dengan kekhawatiran pasar terhadap penurunan konsumsi di importir utama China.

Badan Energi Internasional (IEA) mengatakan awal bulan ini bahwa pasar minyak global bisa tetap surplus sepanjang tahun.

"Permintaan minyak yang cukup kuat di samping data makroekonomi China yang lemah telah menjadi tema yang berulang," Michael Tran, analis di RBC Capital Markets LLC, mengatakan dalam sebuah catatan. "Sejauh ini, sinyal fundamental masih beragam."

Serangan terhadap kapal komersial di Laut Merah oleh Houthi telah menambah premi risiko untuk minyak berjangka. Houthi sedang bersiap untuk konfrontasi jangka panjang dengan AS dan sekutunya di sekitar jalur air, terlepas dari bagaimana perang Israel-Hamas berlangsung.

Meskipun stok minyak mentah AS naik kurang dari yang diperkirakan pekan lalu, stok tersebut tetap naik selama empat minggu berturut-turut. Persediaan di Cushing, Oklahoma, titik pengiriman untuk minyak berjangka West Texas Intermediate, juga naik, tetapi tetap di bawah rata-rata musiman.

Harga:

  •  WTI untuk pengiriman April turun 2,7% menjadi US$76,49 per barel.
  •  Brent untuk penyelesaian April turun 2,5% menjadi US$81,62 per barel.

(bbn)

No more pages