Logo Bloomberg Technoz

Stok Beras Tipis, Alfamart Kaji Pembatasan Beli 1 Pak 1 Orang

Dovana Hasiana
23 February 2024 13:20

Ilustrasi Toko Alfamidi (Dok perusahaan)
Ilustrasi Toko Alfamidi (Dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Salah satu ritel modern di Indonesia, Alfamart, membuka opsi untuk menerapkan pembatasan pembelian beras sebesar 1 pak dengan ukuran 5 kilogram (kg) untuk satu konsumen.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin mengatakan hal ini dilakukan karena pasokan beras premium dan Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP) belum merata secara nasional.

Namun, saat ini pembatasan yang dilakukan adalah 2 pak dengan ukuran 5 kilogram. Adapun, pembatasan 1 pak tersebut bakal dipertimbangkan seiring dengan jumlah pasokan beras di ritel.

“Secara nasional masing-masing masih belum terpenuhi semua, tetapi memang kita mengimbau pada masyarakat, beli barang kebutuhan rumah tangga [sendiri], jangan rumah tangga orang. Misalnya contoh 5 kilogram untuk keluarga cukup untuk satu minggu,” ujar Solihin saat dihubungi, Jumat (23/2/2024).

“[Pembatasan masih 2 pak], tetapi saya merencanakan mau 1 pak saja jangan 2 pak. Terlalu banyak 2 pak. Kita rencanakan [1 pak], kita lihat stoknya. Kita imbau masyarakat beli sesuai kebutuhan. Pemerintah sudah jamin stok beras cukup."

Beras khusus dari Bulog yaitu Beras Stabilitas Pasokan Harga Pangan atau SPHP.(Bloomberg Technoz/Dovana Hasiana)