Logo Bloomberg Technoz

Satgas Pangan Selisik Potensi Spekulan di Tengah Kelangkaan Beras

Dovana Hasiana
22 February 2024 15:00

Beras putih./Bloomberg-Veejay Villafranca
Beras putih./Bloomberg-Veejay Villafranca

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polri masih terus melakukan pengecekan untuk memeriksa adanya potensi spekulan di balik isu kelangkaan beras premium di gerai-gerai ritel modern. 

Namun, Satgas Pangan Polri masih berpendapat penyebab dari adanya kelangkaan pasokan dan kenaikan harga beras adalah murni karena kendala cuaca yang memengaruhi produksi padi. 

“Kami masih melakukan pengecekan terus [indikasi spekulan], kendala cuaca yang berpengaruh terhadap stok, dan distribusi menjadi pemicu kenaikan harga,” ujar Anggota Satgas Pangan Polri Kombes Samsul Arifin saat dihubungi Bloomberg Technoz, Kamis (22/2/2024).

Selain melakukan pengecekan untuk memeriksa adanya potensi spekulan, Samsul mengatakan, Satgas Pangan juga baru saja melakukan pengecekan pasokan di gudang Perum Bulog di Kelapa Gading.

Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan cadangan beras pemerintah (CBP) di Bulog dalam melakukan 2 jenis penugasan yang dilakukan oleh pemerintah, yakni bantuan pangan dan penggelontoran beras Stabilisasi Pasokan Harga Pasar (SPHP). 

Ilustrasii beras BULOG. (Dimas Ardian/Bloomberg)