Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Resmikan Proyek Jalan Emiten Anthoni Salim META

Mis Fransiska Dewi
22 February 2024 12:00

Nusantara Infrastructure (Dok perusahaan)
Nusantara Infrastructure (Dok perusahaan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP). Proyek ini dibangun oleh emiten Anthoni Salim, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META).

Direktur Utama PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) Ramdani Basri mengungkapkan, akses jalan tol Makassar New Port seluruhnya bersumber dari dana swasta tanpa menggunakan anggaran APBN. 

“Ini merupakan pembangunan tahap pertama dengan nilai investasi mencapai Rp705 miliar yang menghubungkan Jalan Tol eksisting ke arah MNP. Ke depan rencananya akan dilanjutkan ke tahap berikutnya untuk menghubungkan arah sebaliknya,” ujar Ramdani Basri dalam keterangan resmi yang diterima Bloomberg Technoz, Kamis (22/2/2024).

Jalan tol ini telah difungsionalkan sejak 2 Januari 2024 yang menjadi pendukung utama aktivitas Pelabuhan MNP sebagai salah satu program strategis nasional (PSN) untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, memperlancar pendistribusian logistik dan jalur ekspor, impor dengan memberikan akses langsung dari dan menuju ke Makassar New Port dan jalan tol eksisting. 

Sehingga, keberadaan jalan tol ini dapat memangkas waktu tempuh dan biaya logistik pendistribusian barang dan jasa antar wilayah.

Makassar New Port