Logo Bloomberg Technoz

Thailand Bakal Beri Insentif Baru untuk Pembuat Sel Baterai

News
21 February 2024 15:10

Pabrik pembuatan mobil listrik. (Dok: Luke Duggleby/Bloomberg)
Pabrik pembuatan mobil listrik. (Dok: Luke Duggleby/Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg, Thailand akan menawarkan insentif baru untuk mempromosikan produksi sel baterai lokal dan adopsi bus dan truk energi baru. Hal ini dilakukan untuk memperkuat posisinya sebagai pusat manufaktur kendaraan listrik.

Narit Therdsteerasukdi, sekretaris Komite Kebijakan Kendaraan Listrik Nasional, mengatakan kepada wartawan pada Rabu bahwa pemerintah akan memberikan hibah uang tunai kepada perusahaan yang ingin mendirikan pabrik lokal untuk memproduksi sel baterai di negara tersebut.

Insentif keuangan akan diberikan berdasarkan kasus per kasus dan akan membantu menyubsidi biaya pembangunan pabrik sebesar 30-50%. Panel tersebut juga menyetujui insentif untuk mendorong perusahaan-perusahaan untuk mengalihkan armada komersial mereka berupa truk-truk besar dan bus-bus menjadi armada bertenaga baterai.

Thailand telah secara agresif meluncurkan insentif dan menarik banyak investasi asing dalam beberapa tahun terakhir, terutama dari produsen mobil listrik China. Negara yang sering disebut sebagai "Detroit-nya Asia" ini menargetkan 30% dari produksi mobilnya adalah mobil listrik pada tahun 2030.