Logo Bloomberg Technoz

Beberapa konsumen sekarang menolak harga yang lebih tinggi.

Federasi tersebut mengatakan dalam sebuah pernyataan, jumlah jam tangan yang diekspor dengan harga di atas 3.000 franc turun 4,5% pada Januari, meskipun nilainya naik 4,3%. Sementara itu, jumlah jam tangan yang diekspor dengan harga grosir kurang dari 200 franc melonjak 5,5% didorong oleh merek Swatch Group AG itu sendiri.

Ekspor ke AS, pasar terbesar untuk jam tangan Swiss, naik sedikit sebesar 2,2% berdasarkan nilai. Ekspor ke China naik 5%, sementara pengiriman ke Hong Kong turun 4,7%.

Ekspor jam tangan mencapai rekor 26,7 miliar franc Swiss berdasarkan nilai pada tahun 2023. Akan tetapi tingkat pertumbuhan penjualan turun menjadi hanya 3,6% pada paruh kedua tahun ini karena konsumen mulai berhemat.

Industri jam tangan mewah adalah sektor ekspor terbesar ketiga di Swiss dan mempekerjakan sekitar 60.000 orang. Pembuat jam tangan kelas atas mulai dari Rolex hingga Patek Philippe dan Vacheron Constantin akan meluncurkan model baru di pameran Watches and Wonders tahunan di Jenewa pada April.

(bbn)

No more pages