Logo Bloomberg Technoz

KPU : Ada Serangan Siber di Sirekap Saat Pencoblosan

Pramesti Regita Cindy
20 February 2024 13:45

Cover 4 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Petugas KPPS (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)
Cover 4 Tips Menjaga Kesehatan Bagi Petugas KPPS (Arie Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui sempat terjadi upaya serangan dalam bentuk DDos (distributed denial of service) pada hari pencoblosan Pemilu 2024. Namun KPU telah mengantisipasi melalui penerapan content delivery networks atau CDN.

“Gangguan terhadap sistem Sirekap [Sistem Informasi Rekapitulasi] terjadi mulai tanggal 14 Februari 2024 yang angkanya meninggi dan salah satunya adalah gangguan DDos,” kata Anggota KPU RI, Betty Epsilon Lubis dikutip Selasa (20/2/2024).

Meski demikian Betty mengatakan, gangguan tersebut teratasi karena KPU telah mengimplementasikan cloud server yang handal, dengan memiliki skalabilitas tinggi, dan memperhatikan regulasi serta perlindungan data pribadi.

Sementara itu, untuk mengelola beban traffic yang tinggi, KPU mengimplementasikan Content Delivery Network (CDN) yang berfungsi sebagai loket-loket akses yang tersebar secara global di seluruh dunia.

Teknologi CDN juga dapat menangkal potensi gangguan serangan siber, termasuk DDos, karena oknum penjahat menyasar cloud server. Seperti halnya pengakses publik, oknum penjahat siber hanya akan masuk pada server yang lokasinya paling dekat, jadi bukan ke server utama.