Logo Bloomberg Technoz

Timnas Amin Kuatkan Gelombang Desak Audit Sistem Real Count KPU

Pramesti Regita Cindy
16 February 2024 19:52

Deklarasi Tim Pemenangan Nasional Anies-Cak Imin (Timnas AMIN). (Tangkapan Layar Youtube)
Deklarasi Tim Pemenangan Nasional Anies-Cak Imin (Timnas AMIN). (Tangkapan Layar Youtube)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Timnas Amin (Anies-Muhaimin) kembali menegaskan pentingnya audit investigasi terhadap persoalan real count KPU. Sistem rekapitulasi KPU itu ditemukan sejumlah salah hitung, berujung penggelembungan suara ke paslon tertentu.

Desakan ini melengkapi seruan serupa yang disampaikan TPN Ganjar-Mahfud. Bahkan, TPN Ganjar mendesak DPR mengambil perannya melakukan pengawasan dengan memanggil KPU.

Terkait dengan permintaan audit forensik, Dewan Pakar Timnas Amin, Bambang Widjojanto mengatakan pihaknya sudah dua kali mengirim surat meminta audit forensik kepada KPU, dan satu surat yang sama kepada Bawaslu.

"Surat tidak pernah dijawab (KPU). Kepada Bawaslu untuk melakukan audit [sistem],juga tidak dilakukan," ucap Bambang Widjojanto di markas Timnas AMIN di Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Terkait dengan banyaknya temuan kejanggalan dalam proses penghitungan di Sirekap KPU, Bambang memperingatkan kembali KPU untuk menanggapi hal ini lebih serius. Timnas Amin, kata dia, juga sudah siap membawa kasus ini ke Mahkamah Konstitusi.