Logo Bloomberg Technoz

Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Bisa Ancam Daya Beli dan APBN

Hidayat Setiaji
16 February 2024 14:10

Pendukung menghadiri pidato kemenangan Prabowo-Gibran di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg)
Pendukung menghadiri pidato kemenangan Prabowo-Gibran di Istora Senayan, Rabu (14/2/2024). (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pasangan calon (paslon) presiden-wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka digadang-gadang memenangi pemilihan presiden (pilpres) 2024. Hasil hitung cepat (quick count) dari berbagai lembaga dan hitung nyata (real count) Komisi Pemilihan Umum (KPU) sejauh ini memberi konfirmasi akan hal tersebut.

Berdasarkan hitung cepat 3 lembaga yaitu LSI Denny JA, Poltracking, dan Populi Center, paslon nomor urut 2 itu unggul. Bahkan peluang pilpres 1 putaran sangat terbuka, tidak perlu lagi putaran kedua.

Sumber: Bloomberg Technoz

Hasil serupa juga tergambar dari real count KPU. Sejauh ini, pasangan Prabowo-Gibran unggul cukup jauh dari Anies Rasyid Baswedan-Abdul Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Sumber: KPU

Dalam dokumen visi-misi, pasangan 02 memiliki sebuah program yang menonjol yaitu memberikan makan siang dan susu gratis kepada para murid sekolah. Eddy Soeparno, Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, menyebut program tersebut akan menyasar sekitar 80 juta siswa.

Dalam wawancara bersama Bloomberg Television, Eddy mengungkapkan program makan siang dan susu gratis diperkirakan menelan biaya lebih dari Rp 400 triliun. Angka ini lebih tinggi dari defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023 yang sebesar Rp 347,6 triliun.