Logo Bloomberg Technoz

Asesmen ulang terhadap kontrol internal bank ini dilakukan bersamaan dengan "opini tidak wajar" yang dikeluarkan oleh firma akuntan PwC mengenai efektivitas kontrol internal grup. Bank tersebut mengatakan bahwa, bagaimanapun, laporannya untuk tahun 2022 dan 2021 "secara wajar menyajikan" kondisi keuangannya. 

Credit Suisse terpaksa menunda rilis laporan tahunannya pekan lalu setelah Komisi Sekuritas dan Bursa AS mengajukan pertanyaan di menit-menit terakhir mengenai laporan arus kas dari tahun 2019 dan 2020.

CEO Credit Suisse Ulrich Koerner kini berusaha mendorong restrukturisasi dalam upaya mengembalikan profitabilitas, sebuah proses yang saat ini berisiko terjebak dalam aksi jual di sektor keuangan, imbas runtuhnya Silicon Valley Bank (SVB)

Obligasi pemerintah melonjak karena pengumuman ini menambah kekhawatiran soal tekanan di sektor perbankan. Imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor dua tahun turun 15 basis poin menjadi 3,82% setelah sebelumnya naik ke 4,19%. Indeks S&P 500 turun sebanyak 0,6%. Saham Credit Suisse turun hampir 10% pada Senin. 

Pada tahun 2021, Credit Suisse mengalami kerugian miliaran dolar AS yang masih terkait dengan Archegos Capital Management, pun dengan dengan investor Bill Hwang. Bank ini kemudian mengeluarkan laporan yang mengidentifikasi kekurangan prosedural yang menyebabkan bencana tersebut. Bank ini juga telah merombak manajemen puncaknya sejak saat.

Kompensasi

Dalam laporan Selasa, bank mengatakan bahwa Chairman Axel Lehmann tidak menerima bayaran sebesar 1,5 juta franc Swiss (Rp 25,2 miliar) di tahun pertamanya bekerja, menyusul kinerja tahunan terburuk pemberi pinjaman ini sejak krisis keuangan 2008. 

Lehmann, yang mulai menjabat pada Januari 2022, tidak akan menerima biaya standar yang biasanya dibayarkan di luar gaji anggota dewan perusahaan, menurut laporan itu.

Lehmann mendapatkan kompensasi sebesar 3 juta franc untuk periode April 2022 hingga April 2023, dan berencana untuk mengajukan total gaji yang lebih rendah yaitu 3,8 juta franc untuk periode gaji berikutnya pada rapat pemegang saham tahunan. Bank juga berencana untuk meningkatkan porsi kompensasinya yang dibayarkan dalam bentuk saham menjadi 50% dari 33%. 

Bank ini juga memangkas anggaran tahun 2022 untuk semua karyawan sekitar setengahnya, menyisihkan hanya 1 miliar franc, turun dari 2 miliar franc pada tahun sebelumnya.

- Dengan asistensi Paul Dobson.

(bbn)

No more pages