Logo Bloomberg Technoz

Ramai Media Asing Beritakan Pemilu Indonesia Hari Ini

Delia Arnindita Larasati
14 February 2024 12:30

Capres no urut 1 Anies Baswedan melakukan pencoblosan Pemilu 2024 di TPS 60, Lebak Bulus, Jakarta (14/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Capres no urut 1 Anies Baswedan melakukan pencoblosan Pemilu 2024 di TPS 60, Lebak Bulus, Jakarta (14/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah media-media asing ikut menyoroti pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Indonesia, yang digelar hari ini Rabu (14/2). 

Salah satunya adalah CNN yang membuat berita video bertajuk 'In Indonesia more than 200 million head to the polls in the world's biggest election day'. Video tersebut menyoroti para kandidat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan bersaing dalam pemilu 2024.

CNN menyoroti cara-cara yang dilakukan oleh pasangan Anies-Cak Imin, Prabowo-Gibran, dan Ganjar-Mahfud mencuri perhatian para pemilih muda.

Ganjar Pranowo di TPS 11 Lempongsari (Dok. Media Centre Ganjar-Mahfud)

Begitu juga dengan Reuters, yang membuat berita dengan judul 'Indonesians vote to replace President Jokowi, candidates call for clean election.' Tak berbeda dengan CNN, Reuters juga menyoroti masing-masing kandidat calon presiden.

"Persaingan untuk menggantikan Jokowi mempertemukan dua mantan gubernur, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, melawan calon terdepan yang kontroversial, Prabowo Subianto. Dia merupakan komandan pasukan khusus yang ditakuti pada 1990-an, sebagai letnan tertinggi mendiang penguasa yang kuat di Indonesia, Soeharto," demikian ditulis oleh Reuters.

Prabowo Subianto (Tangkapan Layar Social Media)