Logo Bloomberg Technoz

Rusia Salahkan AS Jika Korea Utara Kembali Uji Coba Nuklir

Redaksi
11 February 2024 18:45

Kim Jong Un Pimpin Simulasi Serangan Balik Nuklir Selama 2 Hari (Sumber: Bloomberg)
Kim Jong Un Pimpin Simulasi Serangan Balik Nuklir Selama 2 Hari (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Utusan utama Rusia untuk Korea Utara dilaporkan mengatakan bahwa ia tidak mengesampingkan kemungkinan uji coba nuklir oleh Korea Utara jika terjadi provokasi yang terus menerus oleh Amerika Serikat.

Duta Besar Alexander Matsegora membuat pernyataan tersebut dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah Rusia, Sputnik, seperti dilansir KBS World, Minggu (11/2/2024).

Duta Besar tersebut mengatakan bahwa jika provokasi Amerika terus berlanjut, jika provokasi tersebut menjadi semakin berbahaya, ia tidak menutup kemungkinan bahwa kepemimpinan Korea Utara akan dipaksa untuk memutuskan melakukan uji coba nuklir untuk memperkuat kemampuan pertahanannya.

Matsegora membuat pernyataan serupa dalam wawancaranya dengan kantor berita pemerintah Rusia, TASS pada Rabu lalu, dan mengatakan bahwa Korea Utara mungkin akan melakukan uji coba nuklir ketujuh jika Amerika Serikat terus melakukan "langkah provokatif" di wilayah tersebut.

Dalam wawancara dengan Sputnik, utusan tersebut mengatakan bahwa ini tentu saja merupakan skenario yang tidak diinginkan, tetapi jika hal ini terjadi, tanggung jawab sepenuhnya akan berada di tangan Amerika dan sekutunya.